Penjelasan Contoh Program Dasar Java

Java adalah bahasa pemrograman yang memiliki konsep Object Oriented. Bagi sebagian orang yang baru pertama kali belajar pemrograman akan kesulitan memahaminya, apalagi yang baru baru belajar pemrograman menggunakan tutorial yang bentuk classnya prosedural, berikut ini saya akan jelaskan secara simple untuk contoh program java yang simple juga

PROGRAM JAVA SEDERHANA
 


PENJELASANNYA

Program test.java ini adalah sebuah program yang akan menghasilkan kata “selamat datang di program java” pada outputnya . Coding pertama yaitu “class test” merupakan pendeklarasian sebuah class dengan nama test .

Menamai sebuah class merupak kewajiban dan penamaannya dapat apa saja . Jika diperhatikn deklarsi class ini diawali dengan tanda ” { ” dan diakhiri dengan tanda ” } ” , hal ini menandakan bahwa semua yang berada dalam tanda tersebut merupakan bagian dari class ini .

Lalu coding ” public static void main (String args[])” yaitu mendeklrasikan suatu method dengan nama main .

Nama main disini merupakan keharusan dalam java karena java akan mencari method yang bernama main ini sebagai awal eksekusi program . Keyword public merupakan access specifier yang menentukan visibility level dari method ini . Public berarti method ini dapat di access dari manapun dari luar class .

Method main() akan dipanggil dari luar oleh runtime java pada saat program akan dieksekusi sehingga access specifiernya harus menggunakan public .

Keyword static memungkinkan method main() dipanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana , ini diperlukan karena method main() akan dieksekusi sebelum objek apapun dibuat dalam memori . Keyword void berarti bahwa method main() tidak mengembalikan nilai apapun setelah dipanggil ( dieksekusi ) .

Setelah itu coding ” System.out.println(“selamat datang di program java”); yaitu Coding system merupakan nma dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java . Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri .

Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer . Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out . Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output .

Method ini juga mencetak karakter pindah baris . Untuk mencetak tanpa pindah baris bisa menggunakan print(); . Terakhir tanda ” ; ” diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment .

(Visited 32 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini