Bagaimana Mememulai atau Membuat Project di Android Studio Pertama Kali? Begini Caranya.

Mumpung lagi kosong nih saya mau sharing beberapa hal berkaitan dengan penulisan file di Android Studio. Namun sebelum saya lanjutkan tulisan ini bersifat pengalaman/cara pribadi yang saya gunakan pada saat menulis File dan Code di Android.

Tulisan ini saya tujukan ke pada teman-teman yang sedang belajar pemrograman Android dengan Android Studi/Eclipse [bisa-bisa saja].

Ada kalanya teman-teman kebingungan bagaimana langkah awal membuat project di android Studio itu? saya yakin pasti pernah, apalagi yang belajar tanpa mentor. Saya sendiri dulu mengalaminya, mengengat struktur folder android begitu banyak jadi membingungkan.

Baiklah, berikut ini saya sharing beberapa hal yang saya pahami semoga ini mempermudah atau setidaknya membuat teman-teman yang sedang belajar menjadi ada gambaran.

Buka Android Studionya, pilih Start a new Android Studio Project seperti pada Gambar 1:

Gambar 1

Setelah itu isikan nama project kalian dibalian kotak merah di Gambar 2. Untuk Company Domain isikan nama domain perusahaan, jika tidak ada biarkan saja defaultnya begitu. Untuk aturan penulisan domain biasanya begini :
Jika nama domain perusahaan kalian adalah kacangtanah.com, penulisannya begini : namauser.kacangtanah.com, pokoknya nama domain paling belakang. setelah itu pilih Next

Gambar 2

Selanjutnya akan masuk ke form pemilihat platform, karena disini kita akan membuat aplikasi untuk mobile, pilih Phone and Table dan pilih Next 

Gambar 3

Selanjutnya kalian akan melihat form pemilihat layout, layout yang bisa kalian pilih bermacam-macam seperti googleMaps, NavigationDrawer dll. Untuk kasus ini kalian pilih aja dulu Empty Activity, Klik Next [Lihat Gambar 4]

Gambar 4

Isikan Nama Activity yang kalian mau, tapi untuk yang ini, biarkan saja apa adanya. perhatikan penamaannya selalu berisi ACTIVITY di layout maupun class nya. bedanya di layout activitynya didepan. Klik Finish [lihat Gambar 5]

Gambar 5

Tunggu prosesnya selesai, gragle sedang mem build segela library yang diperlukan untuk memulai project [Lihat Gambar 6]

Gambar 6

apa itu gradle? ini biasanya yang sering membuat orang kesan, karena build nya yang begitu lama ahahaha, tapi tenang aja di Andoid Studi versi terbarunya, sudah tidak lama lagi

Gradle adalah build system yang memproses semua library, meng generate AP, pendeknya begini, kalo untuk lebih jelasnya baca disini

Saya juga kurang bisa menjelaskan detailnya, cuma saya tau apa fungsi gradle secara garis umumnya.

Jika semua proses diatas sudah selesai, sudah jadilah project android pertama kalian, tapi masih kosong, tampilannya cuma “Hello World!” :

Gambar 7

 Di Gambar 7 terlihat struktur folder dari Android Studio, saya sudah berikan kotak-kotak agar bisa dibedakan. Simple nya gini : Kolom paling atas yang warna BIRU adalah tempat manifest.xml. Apa itu manifest.xml?

File manifest menyajikan informasi penting tentang aplikasi untuk sistem android. System harus di infomasikan terlebih dahulu sebelum aplikasi dijalankan. Selain itu di Manifest ada beberapa hal penting juga, yaitu :

  1. Dimanifest tempat package project di inisialisakikan.
  2. Manifest menjelaskan semua komponen yang ada dalam aplikasi, seperti : Activity, Application, Broadcast, users-permission dll nya.
  3. di Manifest tempat kita menentukan mana yang muncul pertama kali (host application)

Di kotak yang berwarna MERAH adalah tempat kita menulis file-file.java. perhatikan disana ada 3 folder

  1. namapackage
  2. namapackage(androidTest)
  3. namapackage(test)

kalian pilih yang nomor satu, itu adalah yang bagian main nya. Jika kali buka melalui explorer windows kalian akan melihat folder main, itulah dia.

dikotak warna KUNING adalah tempat selaga macam file xml dan image, penjelasan singkatnya begini :

  1. Drawable > untuk file gambar, icon, selector.xml, background.xml
  2. layout > tempat dimana kalian membuat layout untuk aplikasi kalian
  3. mipmap > berisi image launcher default, bisa juga dirubah semau kalian
  4. Values > tempat mendefinisikan warna, strings, ukuran/dimen dan style

Di kotak yang berwarna HIJAU, adalah segala jenis library, gradle, dan system-system Android.

Yang saya jelaskan diatas adalah yang paling umum saya, tujuannya agar yang belajar pertama kali tidak kebingungan untuk mengerti. Semoga terbantu.

(Visited 32 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini