Belajar Java Programming, Mulai Dari Mana?

Bagi kalian yang berada di jurusan yang berurusan dengan koding seperti Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Management Informatika dllnya pasti tau susahnya belajar bahasa pemrograman Java. Ya pusing! pasti itu kata pertama bagi mereka yang baru pertama kali belajar.

Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang menerapkan konsep Object Oriented (Pemrograman Berorientasi Object).

Bagi sebagian orang pasti memusingkan pemrograman Java. Kali ini saya akan membahas bagaimana step-step belajar bahasa pemrogaman Java yang pernah saya praktekan.

BAGAIMANA CARA PALING MUDAH BELAJAR JAVA?

Sejatinya tidak ada cara mudah dalam belajar bahasa pemrograman java, semuah butuh proses dan jam terbang, harus banyak-banyak mencoba kasus. Jika kalian hanya ingin membuat program dengan cara instant yasudah hire orang saja hehe

Konsep dasar OOP (Object Oriented Programming)

Sebelum memulai koding, (jika kalian buta banget dengan pemrograman java) sebaiknya kalian baca-baca informasi tentang apa itu OOP (Object Oriented Programming) atau PBO (Pemrograman Berorientasi Object). Apa sih yang perlu dipelajari dari sebuah OOP/PBO? Sebelum jauh masih ke OOP kalian harus paham apa yang dimaksud dari kata-kata dibawah ini :

  • Ada yang namanya Class
  • Ada yang namanya Method
  • Ada yang namanya Hak Akses Modifier (Public, Private, Protected)
  • Ada yang namanya tipe data

Setelah itu barulah kalian mempelajari core dari sebuah pemrograman berorientasi object. Hal-hal yang harus kalian pelajari di Java OOP adalah :

  • Inheritance,
  • Encapsulation,
  • Interface,
  • Abstract,
  • Polymorphism dllnya.

Masing-masing point diatas memiliki materi yang luas dan banyak, tapi jangan khawatir jika kalian sudah paham flownya, kalian tidak akan bingung lagi dengan contoh kasus yang menggunakan point-point diats.

Tapi agar tidak membuat kalian pusing dan putus asa, kalian harus mempelajarinya satu persatu jangan sekaligus, usahakan jika sudah paham barulah belajar point selanjutnya, intinya ketika kalian sudah naik level, kalian bolehlah masuk ke level middle nya.

Untuk Hak Akses Modifier kalian bisa baca di postingan saya tentang Encapsulasi dan Polimorfism

Latihan membuat program senderhana

Saya setuju jika semua poin yang saya sebutkan diatas belum cukup jika ingin jadi programmer java, tapi ingat apa gunanya teori tanpa praktek? Ya betul! setelah kalian sedikitnya sudah mengerti tentang point-point diatas, barulah kalian coba-coba buat progam sederhana.

Buatlah program mencari bilangan negative, bilangan ganjil-genap, bilangan prima atau bisa buat kasir/kalkulator sederhana. Tapi ingat kalian harus coba dengan cara berbeda-beda.

Untuk contoh-contoh program sederhana kalian bisa lihat disini :

  1. Membuat Program Perhitungan Nilai Grade (A,B,C,D) Dengan Java Netbeans
  2. Program Java Mencari Hasil Nilai Pangkat Dan Akar
  3. Membuat Kakulator Sederhana Dengan Java Netbeans (Di Sertai Penjelasan Secara Lengkap)
  4. Membuat Bentuk Kotak Kosong Menggunakan Tanda Bintang Pada Java Netbeans
  5. Menentukan Dua Buah Kata Termasuk Anagram Atau Tidak Dengan Java
  6. Dan lain-lain (silakan buka disini)

Misalnya pada waktu pertama kali membuat program kalian sudah mampu membuat progam tanpa menggunakan method, selanjutnya kalian buat dengan menggunakan method. Jika awalnya program tersebut hanya satu class cobalah kalian buat berbeda class. Dari sana kalian akan paham betul apa namanya itu method, hak modifier dan tipe data pada Java

Latihan dengan koneksi database MySQL

Program sederhana disana pasti masih berbau console dan Scanner, maksudnya semua interaksi terjadi menggunakan Scanner ataupun JOptionPane, ya kan?

Untuk memperbanyak jam terbang kalian, cobalah buat aplikasi yang berintegrasi dengan database MySQL, buat sampai kalian bisa menampilkan data dari database.

kalian bisa buat menggunakan GUI ataupun di console biasa tidak apa-apa, intinya kalian paham logic bagaimana proses mengambil data dari SQL. Setelah kalian berhasil menampilkan data SQL di console coba sekarang tampilkan datanya di table.

Jangan menyerah belajar programming Java

Coba terus-menerus sampai kalian bosan, sampai kalian paham betul kodingan yang kalian tulis. Nanti dengan sendirinya kalian akan bisa menulis program dengan Java.

Intinya tidak ada cara instan dalam belajar programming, dan tidak ada interval waktu sampai kapan. Programming akan jalan terus tanpa akhir (Technology is always moving forward)

Pasang di Mindset kalian, kalian anak IT setidaknya kalian lulus harus bisa minimal satu bahasa pemrograman, biar gak percuma ngambil jurusan IT.

Ada yang bilang begini, ” Kita disini bukan jadi programmer, tapi jadi Analyst”. Jawaban saya bagaimana? “I can smell a bullshit in that words”, ya iyalah, bagaimana mau jadi analyst kalau koding aja gak bisa.

OK itu sharing dari pengalaman saya belajar bahasa pemrograman Java, semoga membantu inspirasi kalian.

Penutup

Setelah kalian sudah membaca berbagai tutorial pemrograman untuk membuat aplikasi sederhana, maka lakukannya terus berulang-ulang. Tujuan utama adalah kalian akan terbiasa dengan kode/code/ngecode. Dengan terbiasanya kalian melakukan koding, maka kedepannya akan mudah dalam menguasai suatu bahasa pemrograman.

Saya ambil contoh diri saya sendiri, dulu sewatu kuliah saya sama sekali tidak bisa pemrograman. Disuruh buat form login sederhanapun tidak mampu. Akhirnya dari sana saya terus-terusan berlatih menggunakan java (karna kebetulan saya suka dengan java). Mungkin jika dihitung membuat sebuah program sederhana kasir dan login saya ulangi sampe 4 kali, tujuannya biar saya paham flownya.

Pada akhirnya saya mampu sedikit banyaknya tentang bagaimana membuat program tertentu tanpa harus lihat referensi. Misalnya saya mau membuat program menghitung huruf dan kata, karna saya sudah terbiasa melakukan koding dan beranalisa, saya mampu menyelesaikan program penghitung huruf dan kata sendirian.

Intinya yang mau saya sampaikan diartikel ini adalah terus berusaha berlatih, dari yang awalnya lihat tutorial, lihar referensi ataupun sejenisnya sampai pada berlatih tanpa melihat tutorial atau referensi. Jika kalian melakukan hal tersebut, saya jamin kalian akan menguasai bahasa pemrograman tersebut.

(Visited 58 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini