Membuat Form Login Sederhana menggunakan MySQL (PDO) disertai Session di PHP

Berhubung dibuat pusing oleh project Android yang cukup rudet alias ribet, saya akan selingin dengan membuat postingan berikut ini. Postingan kali ini saya kana membagi cara membuat form login sederhana menggunakan database MySQL dan disertai dengan Session. Oya untuk integrasi dengan database MySQL saya menggunakan PDO.

Session adalah suatu informasi yang diambil dari tempat tertentu. Dalam kasus kita ini, yaitu autentikasi data login, biasanya disimpan dibrowser. Ketika user ingin login di web tertentu yang pernah di masuki sebelumnya dan kebetulan juga dia melalukan save password atau remember me, maka dengan otomatis dia bisa masuk ke web tersebut tanpa mengetik username dan password lagi.
Kira-kira seperti itulah pengertian awamnya. Lalu bagaimana implementasi di programnya? Mari kita coba step by step

DATABASE

Untuk pembuatan database saya menggunakan cara yang praktik yaitu menggunakan HeidiSQL, jadi tidak perlu menulis syntax untuk membuat database. Tapi jika kalian membuat database dengan manual alangkah baiknya untuk proses pembelajaran. Database yang saya buat dapat di download disini  atau jika tidak suka dengan script nya kalian bisa langsung download format .sqlnya disini aja 

Baca juga : Tutorial Insert Data Dari Android Ke Database Berintegrasi Munggunakan PHP PDO + MySQL

Kita akan membuat sebuah project dengan beberapa package php. package connection, package login, package logout.

PACKAGE CONNECTION

Dalam package connection terdapat sebuah class connection yang akan menghubungkan project dengan database. Dalam connection ini akan medefinisakan username, password dan nama database yang digunakan. Buat class PHP dengan nama ConnectionDB.php lalu ketikan kode dibawah ini :

PACKAGE LOGIN



Dalam package login terdapat tiga class PHP yaitu, FormLogin.php, Login.php dan UsernamePassowordSalah.php. FormLogin.php berisi berisi tampilan untuk input username, password dan button login. Login.php berisi kode yang menjadi otak program, didalamnya terjadi proses pencocokan username dan password antara yang di input user dan yang ada di database.

Buat file PHP dengan nama FormLogin.php, lalu ketikan kode dibawah ini :


Perhatikan paling atas, kita hidupakan sessionnya dengan cara menulis session_start(); Lalu kita cek apakah ada session login gak dipage ini, dengan cara menggunakan kodisi if no session show form login, else redirect to (whatever you need) Lihat line 21 dikode diatas.

Buat file PHP dengan name Login.php, lalu ketikan kode dibawah ini :

Perhatikan juga kode diatas, ketika semua password dan username cocok dengan didatabase session dihidupkan (session_start())

Baca juga : Insert Data Dari Web Page Menggunakan PHP PDO + MySQL

Buat file PHP dengan nama UsernamePasswordSalah.php, lalu ketikan kode dibawah ini :


Kode diatas hanya sebagai pertanda jika password atau username salah, session tetap dihidupkan karna kita juga bisa login dari sini.

PACKAGE LOGOUT

Dalam package ini hanya terdapat file Logout.php. Di Logout.php selain fungsinya untuk keluar dari dashboard utama juga tempat menghapus session.

Buat file Logout.php, lalu ketikan kode dibawah ini : 


Perhatikan kode diatas, kita menghapus session dengan cara session_destroy();

kode-kode diatas adalah potongan kode dari website yang pernah saya buat menggunakan session juga. Cek di BIDAN SAYU. Websitenya masih jauh dari kata sempurna :D, hanya mengisi kekosangan waktu, tapi sekarang blm sempat disentuh-sentuh lagi karna sibuk dengan project di Android.

Semoga postingan saya kali ini membantu teman-teman yang sedang belajar php.

Oya ini saya kasi juga dengan cuma-cuma projectnya di :

(Visited 245 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini