Perbedaan POST dan GET di PHP Secara Sederhana

Jika kalian pernah membuat aplikasi dengan PHP pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah POST dan GET. Bagi sebagian pemula mungkin akan kebingungan antara perbedaan method GET dan POST. Perbedaan Method Get dan Post sebenarnya bisa dilihat dari URLnya.

Saya memahami keduanya berdasarkan pengalaman pribadi ketika membuat website, bukan dari teori-teori yang ada di internet. Tidak ada salahnya jika saya membagi pemahaman saya mengenai GET dan POST di PHP

Cara Penggunaan

Method GET

Method yang digunakan untuk mengirim data. Cara pengunaannya di page HTML seperti berikut ini :

bisa dilihat dikode diatas, method yang digunakan adalah get dan dengan action ContohGet.php. Di file ContohGet.php akan diambil value dari field nama. Caranya yaitu dengan men GET berdasarkan atribut name. Kebetulan pada contoh kode diatas atribut name=’name‘ (kalian bisa saja merubah menjadi name=’aaaa’ atau lainnya). Lihat kode dibawah ini :

Baca juga : Cara Menggunakan CSS pada File HTML yang terpisah

Method POST

Method post hampir sama dengan get, yaitu sama sama mengirim value dari field tertentu. Cara penggunaannya di page HTML seperti berikut ini :

Method POST juga mengambil value field tertentu berdasarkan namenya (sama seperti GET), lihat kode dibawah ini :

Dimana letak perdaan yang dapat dilihat secara jelas?

Baca juga : GET Volley Android – Menampilkan data json dengan format array

Perbedaan Method Get dan Post bisa kalian lihat dari URL yang dihasilkan, di method GET  URL yang dihasilkan akan menampilkan value yang diambil di field sebelumnya.

output get

Sedangkan ketika kita menggunakan POST, output URL nya tidak menampilkan value yang di ambil dari field sebelumnya.

output post

Perbedaan Lainnya

Coba kalian copy URL get dan paste di tab baru atau browser baru, kalian pasti akan tetap dapat memproleh valuenya. Kenapa demikian? karna di URL GET masih terdapat value dari field yang diambil sebelumnya. Konsep GET adalah mengambil value dari URL, jadi tidak masalah kemanapun URLnya di PASTE.

Baca juga : Perbedaan TAG, ID dan Class Pada CSS

Sedangkan POST tidak demikian, coba kalian copy URL POST dan paste di new tab atau new browser, pasti akan terjadi error. Kok bisa? ya karena POST mengambil value dari field sebelumnya tanpa meninggalkan value di URL

Kapan Menggunakan Method GET dan POST?

GET biasanya digunakan untuk menampilkan data-data tertentu yang sifatnya tidak secure, dalam arti datanya tidak bersifat rahasia.

POST digunakan pada saat melakukan proses yang bersifat rahasia. Kenapa kok method POST yang digunakan pada kondisi ini? Ya harus. Seperti yang saya jelaskan di point perbedaan URL POST tidak menampilkan data-data yang diambil di field-field sebelumnya, jadi sifatnya aman untuk proses selanjutnya. Salah satu penggunaan post adalah pada saat proses LOGIN. itu sudah wajib hukumnya menggunakan POST karna lebih aman.

Perbedaan Secara Fungsionalitas

POST atau GET itu tidak ada hubungannya dengan aman tidaknya data. Tapi kedua memang punya semantik dan keperluan berbeda.

POST itu digunakan untuk mengirim data yang nantinya dapat merubah state dari server, misalkan data untuk disimpan di database (seperti register, form survey dll).

GET itu sesuai namanya untuk mendapatkan informasi dari server tanpa mengubah state dari server. Singkatnya mengirim data ke server untuk disimpan menggunakan metode GET itu tidak idiomatik. Kita bisa menambahkan parameter kepada metode GET untuk lebih menspesifikan data yang ingin kita dapatkan menggunakan query string (data sehabis tanda ? pada url).

Kalian bisa clone projectnya di :

(Visited 24 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini