Pengertian Tipe Data Primitif dan Referensi beserta Range Sizenya

 

 

Tipe data dalam pemrograman java dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu tipe data Primitif dan tipe data Referensi.

TIPE DATA PRIMITIF

Baca juga : Insert data dari Android ke database menggunakan server PHP + MySQL

Tipe data primitif adalah tipe data yang defaultnya telah di definisikan oleh java. Tipe data primitif memiliki nilai default yang variatif. Ada delapan (8) tipe data Primitif yaitu :

  1. Integer, tipe data ini adalah tipe data yang menampung data berupa bilangan bulat. Integer memiliki nilai Minimal (-2147483648) dan nilai Maximal (2147483647) dan menempati bytes (32bit) di memory. Kalian bisa cek di Java dengan coding seperti berikut ini :
  2. Byte, memiliki ukuran yang lebih kecil dari Integer. Byte memiliki nilai Minimal (-128) dan nilai Maximal (127) dan menempati 8bit di memory. kalian bisa cek di java dengan coding seperti berikut :
  3. Short,short merupakan tipe data untuk menyimpan nilai bilangan bulat sama seperti Integer, cuma nilainya lebih kecil. Short memiliki nilai Minimal (–32768), nilai Maximal (32767) dan menempati 16bit di memory. Kalian bisa cek dengan koding dibawah ini :
  4. Double, tipe data ini menampung bilangan desimal (yang ada koma-komanya). Nilai Minimal dari Double adalah (4.9E-324), nilai Maximalnya (1.7976931348623157E308) dan menempati 64bit di memory, kalian bisa cek dengan koding berikut :
  5. Long, tipe data ini juga menampung bilangan bulang, yang membedakannya adalah ukuranya tampungannya (Range nilainya). Nilai Minimal Long adalah (-9223372036854775808), nilai Maximal adalah (9223372036854775807) dan menempati 64bit di memory. Kalian bisa cek dengan koding berikut :
  6. Float, tipe data ini hampir sama dengan double cuma yang membedakannya adalah nilai rangenya lebih besar daripada double. Nilai Minimalnya (1.4E-45), nilai Maximalnya (3.4028235E38) dan menempati 32bit di memory. Kalian bisa cek dengan kodingan dibawah ini :
  7. Char, tipe data ini menyimpan karakter sebagai nilainya, namun hanya bisa menyimpan satu karakter saja tidak boleh lebih. Karakter yang dimaksud adalah angka, huruf, tanda baca dan juga symbol. Jika kalian printout size, minimal value dan maximal value tidak akan terlihat berapa-berapa rangenya, ya karena ini hanya menampung satu karakter saja. Jika ingin membuktikannya silakan buat kodingan seperti sebelum-sebelumnya. Gunakan Character.MAX_VALUE, Character.MIN_VALUE
  8. Boolean, tipe data ini digunakan pada kondisi yang bernilai TRUE or FALSE. Intinya conditional, if else.

Tipe data referensi

Tipe data ini berbeda dengan tipe data primitif yang notabene sudah mendapat nilai default dari java, yaitu null. Tipe data referensi digunakan untuk mereferensikan Object, Class Seperti String, , Interace, Array (contoh : arrayAngka), dllnya.

Contoh penggunaan tipe data referensi

  • private class Mobile mobile; // mobile dengan huruf kecil ini adalah referensi dari tipe data class Mobile (M huruf besar)
  • private int [] arrayAngka;
  • private String namaSaya;

Kenapa pada contoh diatas, tidak diberikan nilai? Karena seperti penjelasan diatas, tipe data referensi sudah mendapatkan nilai default dari java yaitu null. Untuk itu  jika menggunakan tipe data referensi harus melakukan instanisasi terlebih dahulu agar tidak terjadi error NullPointerException.

Yang dimaksud dengan instanisasi adalah seperti contoh dibawah ini :

mobile = new Mobile(); // mobile (m kecil) adalah instanisasi dari class Mobile (m besar).

Perbedaan yang paling mencolok antara tipe data primitive dan referensi adalah pada penggunaannya

Pada tipe data primitif data yang bisa ditampung hanya 1 (satu) buah saja, sedangkan tipe data referensi bisa lebih dari satu.

Tipe data primitif :

  • int angka = 1;
  • char huruf = “A”;

Tipe data referensi :

  • String kota = “Palangkaraya”; //lebih dari satu karakter
  • String [] huruf = {“a”,”b”,”c”,”d”}; // lebih dari satu karakter

Silakan lihat gambar dibawah ini untuk mengetahui perbedaan range size dari masing-masing tipe data :

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan bayangan tentang tipe tipe data dalam Java, Saya akui tulisan saya ini mungkin masih belum memberikan gambaran secara jelas, tapi semoga membantu kalian yang sedang belajar Java.



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini