Cara Mengimplementasikan onClickListener Di Recyclerview Android

RecyclerView dan ListView adalah dua hal yang bisa dikatakan memiliki beberapa perbedaan. Salah satu diantara perbedaannya adalah cara mengimplementasikan onClickListener nya.

Dalam ListView, untuk mengimplementasikan onClickListener, kita cukup melakukan hal berikut :

Dengan kata lain, kita melakukan seperti kode diatas hanya pada activity dimana ListView berada. Bisa dikatakan cara implementasinya lebih mudah daripada menggunakan RecyclerView.

Baca juga : Tutorial Android Expandable RecyclerView 

Bagaimana Dengan Recyclerview?

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan onClickListener pada Recyclerview. Jika kalian bertanya diforum stackoverflow, Mereka akan memberi banyak solusi yang berbeda.

Melalu artikel ini saya akan memberi salah satu cara yang paling mudah (setidaknya menurut saya) bagaimana mengimplementasikan onClickListener pada RecyclerView.

Saya melakukannya di dalam Adapter. Simplenya begini, beri ID pada RelativeLayout atau LinearLayout pada layout yang digunakan di Adapter (Artinya : LinearLayout atau RelativeLayout pertama di layout).

Setelah itu, definisikan LinearLayout atau RelativeLayout di dalam Holder/ViewHolder. Selanjutnya, lakukanlah onClickListener didalam method onBindViewHolder.

Baca juga : Membuat Tampilan GridView Menggunakan StaggeredGridLayoutManager Pada Android

Untuk lebih jelasnya, saya menggunakan project ini sebagai contoh. Di dalam onBindViewHolder cukup lakukan hal berikut ini:


Sekian tutorial tentang bagaimana cara mengimplementasikan onClickListener pada Recyclerview. Semoga bermanfaat untuk pembelajaran.

(Visited 80 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

  • sangat simpel … tapi jelas ,sip gan

  • Terimakasih gan, semoga bermanfaat

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini