Tutorial CRUD (Create, Read, Update, Delete) Menggunakan PHP Dan MySQL

Tutorial ini dibuat karna  adanya banyak permintaan dari teman-teman pembaca yang meng email saya agar dibuatkan tutorial CRUD (Create, Read, Update, Delete).

Sedikit review postingan kemarin, saya telah membuat sebuah tutorial CRUD dari mobile ke server PHP+MySQL yang mudah dipahami.

Kalian bisa membacanya disini :

  1. Insert data dari mobile android ke server. Di android saya menggunakan Retrofit 2.0 untuk mengirim data ke server. Sedangkan server saya buat sendiri menggunakan PHP+MySQL.
  2. Display data dari server ke mobile. Server menggunakan PHP+MySQL sedangkan di android saya menggunakan retrofit 2.0 untuk mengambil datanya.

Pada tutorial kali ini murni berbasis web, tinggal ada embel-embel mobilenya. Server saya buat menggunakan PHP Object Oriented. Untuk koneksi ke databasenya saya menggunakan fungsi PDO. Entah kenapa saya lebih suka menggunakan PDO daripada mysqli_connect().

Baca juga : Perbedaan PDO dan mysqli_connect secara sederhana sekali.

Pada tutorial ini kalian akan belajar bagaimana cara melakukan CRUD dari sebuah web page ke database. Silakan ikutin langkah-langkah pembuatannya.

Siapkan Database

Pertama-tama kalian harus menyiapkan database yang akan digunakan untuk proses CRUD. Kalian bisa design sendiri databasenya, atau bisa contoh punya saya. Gambar dibawah ini adalah design database yang saya gunakan pada tutorial ini.

Jika ada yang belum tau caranya buat database di PhpMyAdmin, silakan ikutin step-step membuat database di tutorial ini (baca pada point membuat database).

Buat Project PHP

Pada project ini saya menggunakan beberapa package untuk membagi setiap class php dan html yang digunakan, maksud dari adanya package-package ini agar struktur folder dan file telihat lebih dari dan tertata. Struktur folder yang saya buat terleihat seperti gambar dibawah ini :

Di gambar diatas terdapat beberapa package yang memuat class php. Kita akan bahas satu persatu pacakge tersebut.

1. Pacakge db

Package ini dibuat untuk menampung class-class yang berhubungan dengan koneksi ke database. Di package ini terdapat satu file yang mengubungkan database dengan project php. File tersebut diberi nama Connection.php. Kodingan lengkap dari file Connection.php ada adalah sebagai berikut :


2. Package inserting

Package ini dibuat untuk menampung class-class yang berhubungan dengan inserting, baik itu form input maupun proses yang menginputnya.

Ada terdapat dua class di package ini, antara lain :

InsertData.php

File ini berfungsi untuk melakukan insert data ke database. Di class inilah terdapat query sql untuk insert data ke database. Kodingan lengkapnya seperti dibawah ini :

Perhatikan  kode-kode berikut :

$nama       = $_POST['nama'];
$jurusan    = $_POST['jurusan'];
$fakultas   = $_POST['fakultas'];

Kode diatas berfungsi untuk mengambil data yang di input oleh user dari form inputan. attribute didalam $_POST[”] adalah nama attribute yang ada pada form input bagian attribute name=””. Namanya harus sama.

Kode :

header('Location: ../displaying/DisplayData.php')

berfungsi untuk me ngarahkan ke page DisplayData saat sukses insert data ke database, jadi datanya akan bisa langsung dilihat dalam bentuk tabel.

FormInsertData.html

File ini adalah form insert yang digunakan untuk memasukan data-data yang diperlukan ke database. Kode lengkapnya seperti dibawah ini :



3. Package Displaying

Pada package ini hanya terdapat satu class yaitu class DisplayData.php. Class ini digunakan untuk menampilkan data yang telah di input ke database kemudian ditampilkan di web page dalam bentuk table. Kode lengkapnya ada dibawah ini :

4. Package Deleting

Pada package ini terdapat class yang digunakan untuk menghapus data yang ada di database. Kode lengkapnya seperti dibawah ini :


Perhatikan kode berikut :


$idmahasiswa    = $_GET['id'];

Untuk mendapatkan sebuah ID, kenapa harus menggunakan $_GET? Ya karena id didapat bukan dari form inputan melainkan dari URL.

Baca juga : Perbedaan Sederhana Method GET dan POST di PHP

Prosesnya begini, saat button delete ditekan, ID data yang bersangkutan akan langsung dikirim menggunakan URL. Oleh file ini, diambilah ID tersebut, kemudia datanya si ID tersebut langsung di hapus dari database.

 

5. Package Updating

Package ini berisi file-file yang berhubungan dengan proses update data. Ada dua file yang berhubungan dengan update data yaitu, file yang digunakan untuk menampilkan data dan file yang digunakan untuk mengirim data terbaru ke database (yang sudah di update). File file tersebut antara lain :

DisplayDataForUpdate.php

File ini digunakan untuk menampilkan satu data yang akan di update berdasarkan ID. Kode lengkapnya ada dibawah ini :


Perhatikan kode berikut :

$id         = $_GET['id']; 

Kenapa menggunakan $_GET? Karena ID tersebut di dapat bukan dari suatu form input, melainkan dari tabel display data.

Saat tombol Update diklik saat itu juga ID yang bersangkutan dikirim melalui URL (Untuk kemudian data dari ID tersebut akan ditampilkan)

UpdateData.php

File ini berfungsi untuk mengirim data yang sudah di update di form ke database. Bisa dibilang file ini adalah mesinnya updatenya, karena di file inilah query update datanya berada. Kode lengkapnya seperti dibawah ini :


Perhatikan kode dibawah ini :

$id         = $_GET['id'];
$nama       = $_POST['nama'];
$jurusan    = $_POST['jurusan'];
$fakultas  = $_POST['fakultas'];

Seperti yang sudah dikatakan tadi, yang menggunakan $_GET, berarti datanya tidak dari form, melaikan dikirim dari URL, sedangkan yang menggunakan $_POST barulah datanya didapat dari hasil inputan form (oleh user).

Demikian beberapa langkah yang dapat saya sampaikan untuk dapat melakukan proses CRUD menggunakan PHP + MySQL. Semoga membantu.

Silakan download projectnya dibawah ini :

(Visited 56 times, 2 visits today)

Related Posts

About The Author

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini