Tutorial Membuka Tab Tertentu Pada Sliding Tab

Beberapa programmer (khususnya bagi mereka yang baru belajar android), pada pembuat Sliding Tab, Sliding tab akan membawa mereka ke satu kondisi yang sulit. Salah satu kesulitannya adalah bagaimana membukan Tab-Tab tertentu pada Sliding Tab

Sebenarnya adda banyak cara untuk mengatasinya. Salah satu cara yang simple yaitu dengan menggunakan SharedPreference. SharedPreferences akan menyimpan index terahir dari tab yang terbuat/dibuka. Ketika user membuat activity tempat dimana sliding tab ditempatkan, SharedPreference akan mengeluarkan index yang sudah disimpan sebelumnya, kemudia index tersebut akan di cocokan dengan index-index pada item tab sliding tab.

Saya harap kalian mengerti apa yang saya maksud di penjelasan di atas hahaha (memang agak susah menjelaskannya)

Untuk lebih jelasnya, mari kita mulai langkah-langkahnya

Saya menggunakan PROJECT INI untuk mengimplementasikan cara membuka Tab-Tab tertentu. Tapi kalian bisa langsung praktekan di project kalian masing-masing.

Apa yang harus kalian lakukan di setiap class Fragment Item Tab?

Di setiap fragment, kalian harus menyimpan indexnya di SharedPreference. Karena nanti index tersebut yang akan mengarahkan kalian ke Tab-Tab tertentu.

Sebagai contoh, lakukan hal dibawah ini pada fragment kalian :


Pada contoh kasus project ini : Jika saya menekan Button, maka aplikasi akan me-refresh activity, tapi tetap membuka tab/fragment saat ini, paham kan? (Biasanya kan kalo tidak diatur pake SharePreference, ketika baru pertama kali masuk, pastilah yang terbuka pertama kali adalah Tab Kiri)

Apa yang harus dilakukan di class Activity Kalian?


Class Activity yang saya maksud adalah page dimana kalian menempatkan/mendeklarasikan Sliding Tab. Di dalam onCreate() lakukan seperti pada code dibawah ini :


Pada kode diatas, SharedPreference akan mengeluarkan index yang telah disimpan dari spesific fragment.

Baca juga : Tutorial menggunakan recyclerview pada android

Jika SharedPreference berisi nilai null, Aplikasi akan membuat Tab defaultnya. Tapi jika SharedPreference berisi nilai index, maka tab akan terbuka sesuai dengan index yang ada di SharedPreference tadi

Apa yang harus dilakukan setelah aplikasi ditutup (user keluar dari aplikasi)?


Itu tergantung dari kebutuhan aplikasi. Jika aplikasi kalian mengharuskan membuka tab terakhir yang dibuat oleh user, maka kalian tidak perlu lagi melakukan apa-apa pada kodingan kalian, karena kode diatas yang saya posting akan membuat tab terakhir yang dibuka oleh user.
Tapi jika aplikasi kalian mengharuskan membuka default tab nya setelah user keluar dari aplikasi, maka kalian harus menambahkan beberapa kode di bagian method onDestroy(). Lihat contoh dibawah ini :

Itu berarti, Ketika aplikasi ditutup oleh user (user keluar aplikasi), SharedPreference akan kembali menyimpan default indexnya, yaitu = 1.

Selesai! Semoga mudah dipahami apa yang telah saya sampaikan. Terima kasih

(Visited 64 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini