Android Cara Validasi dalam Custom AlertDialog Builder

Dalam sebuah proses development, Alert Dialog biasanya digunakan untuk menampilkan sebuah pesan dari proses yang berjalan. Pesan itu biasanya pesan error, sukses atau pesan pemberitahuan lainnya.

Ada macam dialog yang sering digunakan yaitu Alert Dialog dan Dialog. Keduanya hampir mirip dan bisa digunakan untuk menampilkan pesan.

Kalian juga bisa melakukan custom view didalam sebuah AlertDialog ataupun Dialog.  Kalian bisa baca prosesnya di postingan Membuat Custom Dialog dengan Menambahkan Layout Didalamnya

Tidak Bisa Melakukan Validasi di Custom Alert Dialog

Pengalaman saya menggunakan Custom Alert Dialog adalah saya tidak bisa melakukan validasi pada form   dan menggunakan fungsi setError() di EditText.

Hal itu terjadi karena saya melakukan validasi di dalam fungsi alertDialog.setPositiveButton(). Seharusnya jika ingin melakukan validasi harusnya diluar area tersebut.

Lalu Bagaimana Caranya Melakukan Validasi?

Untuk menjawab pertanyaan seperti itulah saya membuat artikel membuat artikel ini, sekalian menyimpen materi, siapa tau bisa digunakan kedepannya, hehehe.

Langsung saja ya, jika kalian ingin melakukan validasi didalam sebuah Custom Alert Dialog Builder, maka silakan membuatnya dengan kode seperti dibawah ini :

Nah demikian sedikit ulasan tentang bagaimana cara melakukan validasi pada sebuah custom Alert Dialog Builder. Semoga mebantu dan bermanfaat. Terimakasih.

(Visited 63 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini