Etika Cara Bertanya di Forum Pemrograman

Postingan kali ini saya tujukan buat kalian yang sering bertanya di forum pemrograman tanpa memberikan sedikit gambaran kepada member yang ada di group pemrograman tersebut.

Tujuan saya membuat postingan ini tidaklah memojokan kalian yang baru belajar bahasa pemrograman tertentu, tapi lebih memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mulai tertanya sesuatu.

Mungkin dari kita banyak melihat ada yang bertanya begini “Gan, cara menampilkan data di RecyclerView gimana ya?“, “Gan cara menampilkan data dari database ke tabel menggunakan PHP gimana ya?“,  atau sejenisnya.

Jika kalian ada diposisi orang yang ditanya, apa ya kalian lakukan jika mendapatkan pertanyaan seperi itu, jawaban apa yang akan kalian berikan? Mungkin sebagian besar akan menjawab dengan memberikan pertanyaan baru, “Udah dapat googling gak sebelumnya?”, “di Google banyak gan!”, atau mungkin yang extreme “Ini pasti tugas kuliah lo ya, lo suruh gua yang ngerjain dan yang berfikir?” atau sejenisnya.

Sebagian dari kalian yang bertanya dan mendapatkan jawaban seperti itu pasti mengganggap orang-orang yang ada di group pemrograman tersebut pelit ilmu, sombong, angkuh baru bisa pemrograman sehingga tidak mau berikan cara bagaimana membuat program tertentu dan sebagian lagi mungkin memberikan link referensi tutorialnya.

Sebenarnya ada pertanyaan yang mendasar yang perlu ditanyakan kepada diri kalian sendiri :

Apa tujuan kalian ? Ingin bisa pemrogramankah atau sekedar ingin menyelesaikan tugas yang diberikan guru/dosen kalian?

Jika ingin bisa pemrograman, silakan kalian research terlebih dahulu, jika stuck di bagian tertentu, barulah kalian tanyakan di group pemrograman.  Tujuan dibuatnya group pemrograman ya seperti itu, memberikan solusi dari kesulitan yang kalian dapatkan selama mencoba sendiri membuat program.

Jadi jangan salah paham terhadap tanggapan member group seperti tadi diatas. Tujuannya adalah agar kalian bisa melatih otak dan logic kalian dalam membuat sesuatu dan menganalisis permasalahannya dimana.

Tapi jika tujuannya adalah hanya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru/dosen, tolong hire kami untuk menyelesaikan program yang kalian ingin buat, permasalahan selesai.

Etika dalam bertanya di group pemrograman

Pada hakikatnya  setiap orang pernah belajar dari nol dan sekarangpun kita masih belajar terhadap hal-hal baru yang sudah terlihat. Mereka yang sudah bisa pemrogramanpun kadang masih sering bertanya di forum pemrograman seperti stackoverflow, karena tidak semua orang mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri (baca : sudah dapat berusaha sebelumnya, jadi tidak bertanya mentah-mentah).

Disetiap permasalahan yang mau kalian tanyakan ke group/forum pemrograman harusnya mengunakan etika yang bagus, Because Attitude Is Everything. Etika yang saya maksud bukan harus nunduk-nunduk atau sejenisnya, tapi seperti point-point dibawah ini :

Buat dulu programmnya sendiri

Jika kalian mempunyai tugas atau apalah namanya yang berhubungan dengan membuat program buatlah dulu sendiri. Berusaha mencari situs-situs yang memprovide tutorial sejenis dengan tugas yang kalian mau kerjakan. Banyak tutorial-tutorialnya di internet baik situs local maupun situs berbahasa inggris.

Research masalah sendiri

Jika pada saat proses membuat program sendiri kalian menemukan masalah, coba research sendiri. Lihat console IDE, copy penyebab errornya dan paste di Google. Kalian akan dibawa ke situs stackoverflow atau gak mungkin ke github/issue.

Disana kalian bisa melihat banyak solusi yang ditawarkan terhadap permasalahan yang sama dengan kalian.

Coba-coba kalian terapkan cara yang dikasi oleh orang-orang di stackoverflow atau github/issue, jika berhasil, selamat kamu sudah satu langkah lebih maju.

Jika belum berhasil, coba research kembali, coba dan coba terus.

Stuck? Silakan bertanya di forum

Jika sudah mencoba maksimal masih tetap tidak bisa menemukan solusi dari permasalahan yang kalian hadapi, it’s time to post a question.

Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan ketika bertanya di forum/group pemrograman :

  • Deskripsikan program apa yang mau kalian buat dan permasalahan yang ditemukan (pendek saja)
  • Posting error message yang terlihat di console IDE
  • Posting code snippet  yang menurut kalian bermasalah
  • Deksripsikan juga apa-apa saja yang sudah kalian lakukan untuk memperbaiki error tersebut
  • dll

Dengan begitu, orang-orang yang ada diforum/group pemrograman jadi paham permasalahan yang kalian hadapi dan tau alur bagaimana cara menyelesaikannya/ memberikan solusinya.

Tapi, belum tentu yang apa yang diberikan oleh member group pasti dapat menyelesaikan permasalan kalian, mereka hanya memberikan solusi dari apa yang mereka tau dan yang pernah mereka alami.

Hal positif apa yang bisa kalian dapat dari etika-etika tersebut?

Ada banyak hal positive yang bakalan kalian dapatkan dari etika diatas :

  • Kalian sudah mengasah otak untuk membuat sendiri aplikasi dengan melihat tutorial (awal yang bagus)
  • Kalian berlatih mengetik code/koding sendirian (jadi membiasakan diri dengan code)
  • kalian akan paham struktur kode / alur kode dan proses lainnya
  • Melatih logic atau cara berfikir kalian (bagaimana biar datanya bisa dipanggil tanpa harus ini dan itu)
  • Melatih daya analisa masalah, misalnya kalian menemukan error NullPointerException, nah kalian pasti akan otomatis berfikir apa sih yang menyebabkan error tersebut dan bagaimana penyelesaiannya. Dari sini kalian akan paham istilah debug/debugging
  • dll (silakan tambahkan sendiri)

Itulah beberapa point yang bisa saya sampaikan, berkaca dari pengalaman sendiri yang pernah jadi newbie dan melihat fenomena digroup pemrograman. Jika ada yang salah mohon dikoreksi jika ada yang kurang mohon ditambahkan. Sewaktu-waktu artikel ini akan diupdate.

Programming, it’s not about copy and paste the codes, but understand what you’ve wrote and did.

(Visited 107 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini