Cara Membuat Program Deret Fibonacci Menggunakan Java

Dalam matematika, bilangan Fibonacci adalah barisan yang didefinisikan secara rekursif, lihat rumus dibawah ini :

Via wikipedia

Seperti yang terlihat pada rumus diatas, bilangan atau deret fibonacci lahir dari penjumlahan dua bilangan sebelumnya.

Contoh dan Penjelasan

Akan dicari 10 bilangan Fibonacci . Kemudian bilangan tersebut akan dijadikan deret fibonacci, maka menggunakan rumus diatas menjadi : 0,1,1,2,3,5,8,13,21,34. Dari mana datangnya angka-angka tersebut?

Begini :

Kita akan mencari bilangan Fibonacci sebanyak 10 buah.  Bilangan Fibonacci selalu diawali dengan angka 0 dan 1. Jadi output dari bilangan Fibonacci nanya selalu dimulai dari angka 0,1 …...

Baca juga : Cara menampilkan data MySQL ke ComboBox Dengan Java

Dari angka 0 dan 1 itulah kita akan menentukan bilangan-bilangan selanjutnya. Seperti yang kita lihat dari rumusnya, bilangan Fibonacci lahir dari penjumlahan 2 angka sebelumnya. Oleh karena itu maka penjumlahan pertama datang dari 2 angka pertama yaitu 0 dan 1. Lihat tabel berikut ini :

Penjumlahan Hasil Keterangan Fibonacci Jumlah
Pemberian angka default 0 dan 1 0,1 2
0+1 1 Penjumlahan dari angka default awal 0 dan 1 0,1,1 3
1+1 2 Penjumlahan 2 angka terakhir 0,1,1,2 4
1+2 3 Penjumlahan 2 angka terakhir 0,1,1,2,3 5
2+3 5 Penjumlahan 2 angka terakhir 0,1,1,2,3,5 6
3+5 8 Penjumlahan 2 angka terakhir 0,1,1,2,3,5,8 7
5+8 13 Penjumlahan 2 angka terakhir 0,1,1,2,3,5,8,13 8
8+13 21 Penjumlahan 2 angka terakhir 0,1,1,2,3,5,8,13,21 9
13+21 34 Penjumlahan 2 angka terakhir 0,1,1,2,3,5,8,13,21,34 10

Pada tabel diatas adalah proses bagaimana setiap bilangan Fibonacci didapatkan. Tabel diatas adalah proses menancari deret Fibonacci sebanyak sepuluh bilangan. Jika ingin mencari lebih dari sepuluh buah, kalian tinggal lanjutkan proses yang ada di Tabel diatas.

Implementasi di Java

Setelah kita pahami bagaimana proses mencari bilangan fibonacci dengan menggunakan rumusnya, maka tugas kita sekarang adalah bagaimana cara mencari bilangan deret fibonacci menggunakan Java Netbeans.

Baca juga : Perbedaan fungsi Getter dan Setter pada Java

Tidak terlalu susah sebenarnya dalam membuat deret bilangan fibonacci jika kalian sudah paham proses looping dalam java dan cara mengimplementasikan rumusnya.

Dibawah ini adalah fungsi/method yang dapat digunakan untuk mencari deret fibonacci :

Hasilnya :

Hasil deret Fibonacci

Pada program diatas sudah terdapat bilangan pertama dan kedua untuk mencari deret Fibonacci selanjutnya, yaitu 0 dan 1 pada variable angkaPertama dan angkaKedua.

Angka pertama dan kedua tersebut sebelum dijumlahkan terlebih dahulu kita masukan kedalam list. Tujuannya agar kita dapatkan urutan, 0, 1

Selanjutnya hasil penjumlahan yang ada didalam looping for juga dimasukan ke dalam list. Yang dimaksukan kedalam list tersebut adalah bilanga-bilangan Fibonacci.

Baca juga : Membuat program pencari nilai Grade A,B,C,D,E dengan Java

Agar proses penjumlahan berjalan sesuai dengan rencana, yaitu menjumlahkan dua angka terakhir yang ada didalam list, maka nilai dari variable angkaPertama diganti menjadi nilai dari variable angkaKedua, sedangkan nilai dari variable angkaKedua diganti menjadi nilai dari variable hasilPenjumlahan. Paham kan ya?

Perhatikan sekali lagi pada proses looping for :

Kalau kalian lihat dengan teliti lagi, disana ada baris kode angka-2. Apa maksudnya?

Begini :

Kita akan mencari jumlah deret bilangan Fibonacci berdasarkan jumlah inputan variable angka dikonstruktor method temukanDeretFibonacci(int angka).

Kebetulan inputannya adalah 10, jadi program akan mencari deret bilangan Fibonacci sebanyak 10 angka saja.

Jika kita lihat lagi ada 2 buah nilai default dari bilangan Finobacci (bisa kita katakan bilangan yang harus ada), jika kita tetap melanjutkan perhitungan dengan looping i<angka == 1<10, maka deret angka yang muncul adalah sebanyak 12. Dan pasti hasilnya akan salah.

Nah, untuk itulah kita kurangi 2 (i<angka-2). Dengan dikurangi 2 berarti kita buat program tidak akan mengganggap/mengikutkan angka awal 0 dan 1 pada proses penjumlahannya dialam looping. Dua angka tersebut akan langsung masuk ke list.

(Visited 92 times, 2 visits today)

Related Posts

About The Author

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini