Tutorial Kodingan Screenshot Dan Simpan Gambar Ke Gallery Android

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara melakukan screenshot dalam sebuah aplikasi android yang kita buat menggunakan android studio. Nantinya gambar hasil screenshot tersebut akan langsung disimpan ke Gallery Android.

Yang pertama kita lakukan adalah membuat method/fungsi yang akan melakukan screenshot ke layar aplikasi android yang kita buat, setelah itu secara otomatis image akan disimpan ke gallery.

activity_main.xml

Layout ini saya buat sesimple mungkin hanya sebagai contoh saya, silakan kalian implementasikan dan buat sesuai dengan kemauan kalian.

Dalam layout diatas, terdapat button untuk start screenshot dan textview yang akan digunakan menampilkan path gambar yang sudah disimpan.

Method ScreenShot

Berikut ini adalah beberapa baris code yang digunakan untuk melakukan screenshot pada layar aplikasi kalian. Method ini dijalankan ketika button start screenshot ditekan.

Method Save Gambar Ke Gallery

Setelah melakukan screenshot, gambar akan langsung di simpan ke gallery. Kode untuk menyimpan gambar hasil screenshot ke gallery adalah sebagai berikut :

Kalian bisa custom nama album untuk gambar hasil screenshot dari aplikasi. Pada contoh kode dibatas, nama album gambar saya adalah putuguna, silakan ganti dengan nama sesuai keinginan kalian.

Kode Lengkap Java

berikut ini adalah kode lengkap proses melakukan screenshot dan simpan image ke gallery. Pada project ini saya menulisnya di MainActivity, silakan sesuaikan dengan project kalian sendiri

AndroidManifest

Agar bisa mengakses external storage melalu aplikasi kalian, maka jangan lupa untuk menambahkan beberapa uses permisiion dibawah ini :

<!-- Storage r/w permission, as of now is used for storing images obtained from image picker -->
<uses-permission android:name="android.permission.READ_EXTERNAL_STORAGE" />
<uses-permission android:name="android.permission.WRITE_EXTERNAL_STORAGE" />

Demikianlah tutorial bagaimana melakukan screenshot dan simpan gambar ke gallery melalui aplikasi android yang kalian buat. Semoga bermanfaat.

(Visited 121 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini