Cara Membuat Project di Android Studio

Untuk memudahkan beberapa teman-teman yang ingin membuat project android di Android Studio, maka melalui artikel ini saya akan bagikan bagaimana cara membuat project baru di Android Studio.

Download IDE Android Studio

Silakan download IDE terbaru Android Studio di situs resminya, yaitu di Google Developer. Download IDE + Packagenya ya, biar sekali jalan. Setelah itu install Android Studionya.

Membuat Project Android Studio

Setelah Android Studio di install, silakan buka aplikasi Android Studionya, dan buat project baru. Lihat langkah-langkahnya melalui gambar dibawah ini

Gambar 1

Pada Gambar 1, terdapat dua kota yang berwarna hitam dan merah. Menu Open an existing Android Studio Project digunakan membukan project yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga : Membuat Piramida Sempurna Menggunakan Java

Dalam case ini silakan pilih Start a new Android Studio Project, maka kalian akan dibawah ke page seperti Gambar 2 dibawah ini

Gambar 2

Pada Gambar 2, silakan ketik nama project kalian pada field Application Name, sedangkan pada field Company Domain diisi dengan nama website kalian/website perusahaan kalian. Setelah itu klik button Next.

Gambar 3

Pada Gambar 3 silakan pilih bagian/checkbox Phone Tablet dan pilih minimun SDK nya. Setelah itu klik tombol Next.

Baca juga : Membuat Kotak Kosong Dengan Tanda Bintang Pada Java Netbeans

Gambar 4

Pada Gambar 4 kalian di hadapkan dengan beberapa pilihan activity. Silakan pilih sesuai dengan project yang akan kalian buat. Jika kalian ingin membuat aplikasi yang berisi Google Maps, silakan pilih Google Maps Activity, jika ingin membuat Aplikasi yang berisi Navigation Drawer, silakan pilih Navigation Drawer Activity, jika ingin custom/buat design sendiri, silakan pilih Empty Activity. Setelah activity dipilih, silakan klik tombon Next.

Gambar 5

Pada Gambar 5 adalah proses penamaan MainActivity adan layout nya. Silakan isikan namanya sesuai dengan kebutuhan page kalian. setelah itu klik tombon Next.

Setelah semua proses diatas dilakukan, maka project sudah berhasil dibuat, silakan tunggu loadingnya selesai.

Membuat File XML

Kalian bisa membuat file-file dengan extensi XML di directory app/res. Lihat Gambar 6 dibawah ini :

Gambar 6

Dalam directory app/res memiliki beberapa directory turunan, antara lain :

Directory drawable

Directory menyimpan file xml yang digunakan selector, shape, border layout dan lainnya. Disamping file xml, directory drawable juga tempat menyimpan file-file gambar yang akan digunakan dalam project.

Cara membuat file xml di directory drawable adalah klik kanan pada directory drawable, kemudian pilih new, setelah itu pilih Drawable Resource File. Setelah itu isikan nama file drawable yang akan dibuat, kemudian klik OK.

Directory Layout

Directory ini menyimpan file-file XML yang akan digunakan sebagai user interface aplikasi (design view aplikasi dibuat pada directory ini)

Cara membuat file xml di directory drawable adalah klik kanan pada directory Layout, kemudian pilih new, setelah itu pilih Drawable Layout File. Setelah itu isikan nama file drawable yang akan dibuat, kemudian klik OK.

Directory mipmap

Directory ini berisi file-file image mipmap. File image mipmap ini biasanya digunakan sebagai icon shourtcut aplikasi. Pada defaultnya image mipmap yang ada didalam directory ini adalah icon android warna hijau.

Directory Values

Directory ini berisi file xml untuk penulisan colors (semua kode warna sebaiknya disimpan di file colors.xml), strings (semua text/tulisan yang ada pada aplikasi sebaiknya disimpan difile strings.xml) dan style (biasanya berisi style untuk view-view pada layout).

Baca juga : Cara Mengetahi penyebab error Null Pointer Exception (Debugging) pada Java Netbeans

Apakah bisa membuat directory baru pada app/res?

Bisa. Kalian bisa membuat file directory baru jika memang itu dibutuhkan dalam aplikasi. Directory yang bisa dibuat seperti menu, anim, raw dan lainnya.

Membuat File Java

Jika project sudah berhasil dibuat, maka kalian bisa melihat file javanya di directory app/java/namaPackageProjectKalian. Nama Package Project yang dimaksud adalah penggabungan antara nama project dan nama domain yang kalian input sebelumnya (pada saat buat project), lihat Gambar 7 dibawah ini :

Gambar 7

Nama package tempat file java berada awalah pacakge yang paling atas dan TANPA tulisan (androidTest) atau (test)

Nama Packagenya kok gitu?

Pada awal pembuatan project saya berikan nama project nya sebagai MarkerAndroid, kemudian saya beri nama domainnya sebagai putuguna.com

Maka package tempat penulisan file java akan diambil dari gabungan antara nama domain dan nama project menjadi com.putuguna.markerandroid.

Bagaimana membuat file java baru?

Hampir sama prosesnya seperti pembuatan file xml yaitu klik kanan pada packagenya, kemudian pilih new. Ada beberapa pilihan yang muncul ketika kalian pilih new, silakan lihat Gambar 8 dibawah ini :

Gambar 8

Pilih Java Class jika kalian ingin membuat file java baru. Jika ingin membuat file resource baru silakan pilih Android Resource File. Jika ingin membuat sebuah package baru, silakan pilih Package.

Oke demikianlah langkah-langkah bagaimana cara membuat project baru di Android Studio. Semoga bermanfaat untuk pembelajaran.

(Visited 135 times, 7 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

One Response

  1. ilham setiyawan
    December 15, 2017

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini