Membuat APK Android Studio Versi Debug dan Release

Ada beberapa yang salah lihat masih kebingungan tentang cara membuat apk android studio. Sekedar gambaran awal, pembuatan apk pada android studio ada dua versi, yaitu versi debug dan versi release. Apa bedanya? nanti akan saya bahas pada deskripsi dibawah.

Pada case ini saya anggap kalian sudah punya project (yang sudah bisa dirunning) dan akan dibuatkan bentuk .apk nya. Oleh karena itu ikutilah langkah-langkah dibawah ini

Gambar 1

Pada Gambar 1 terlihat ada menu Build (yang diberikan warna kuning), nah menu Build tersebut menyimpan submenu yang akan digunakan untuk membuat APK.

Gambar 2

Lihat dua submenu yang saya kotakin hitam pada Gambar 2. Dua menu tersebut bisa digunakan untuk membuat APK. Lalu apa beda dari kedua menu tersebut?

Submenu Build APK, digunakan untuk membuat APK versi debug, artinya APK tersebut masih dalam tahap pengembangan dan masih akan dilakukan banyak testing. Versi APK debug belum bisa di upload ke playstore dan belum sebar ke banyak pengguna.

Baca juga : Cara Mempelajari Bahasa Programming Paling Mudah

Sedangkan submenu Generate Signed APK, digunakan untuk membuat APK versi release, artinya APK yang dibuat dari submenu Generate signed APK sudah dapat di upload ke playstore dan sudah bisa disebar ke banyak user. Jika seseorang sudah memembuat APK dengan submenu ini, artinya APK itu sudah stabil dan ingin mencari user experience di banyak user.

Generate APK Versi Debug

Membuat APK versi debug sangat mudah (tidak seribet versi release), cukup dengan menekan submenu Build APK saja.

Untuk membuat APK versi Debug silakan pilih Submenu Build APK pada Gambar 2. Maka secara otomatis project android akan digenerate menjadi sebuah APK. Jika project sudah selesai dibuild menjadi APK maka akan ada notif di pojok kanan atas, seperti Gambar 3 dibawah ini :

Gambar 3

Dimana letak APK yang sudah Jadi?

Kalian bisa melihat APK yang sudah jadi dengan cara mengklik tulisan Show in Explorer pada Gambar 3 diatas. Atau jika popup tersebut hilang, kalian bisa mencari di path pada Gambar 4 dibawah ini

Gambar 4

Pathnya : C:\Users\<username>\AndroidStudioProjects\MakerAndroid\app\build\outputs\apk

Generate APK Versi Release

Nah untuk membuat APK versi release kita tidak bisa hanya melakukan klik-klik seperti pada pembuatan APK versi debug, namun disini kita harus menggunakan keystore.jks.

Baca juga : Beberapa kesalahan utama dalam belajar bahasa pemrograman

Bagaimana mendapatkan keystore.jks?

Jika kalian baru pertama kali mengenerate APK nya, maka kalian bisa membuatkan keystore.jks melalui android studio kalian sendiri.

Oke, langsung saja kita praktekan bagaimana membuat APK versi Relase, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Pilih submenu Generate Signed APK pada Gambar 2 diatas. Jika sudah diklik, maka akan muncul popup dialog seperti Gambar 5 berikut ini :

Gambar 4

Untuk membuat keystore.jks yang baru, silakan pilih Create New. Maka akan muncul sebuah popup dialog baru yang berisi banyak. Silakan isi field-field yang disediakan. Tampilannya seperti Gambar 5

Gambar 5

Pada bagian Key Store path, kalian harus tentukan tempat menyimpan file keystorenya, setelah kalian tentukan, silakan beri nama sesuai dengan keinginan. Pada case ini saya beri nama markerandroidkeystore.

Setelah semua data diisi, selanjutnya klik button OK. Maka akan kembali ke dialog sebelumnya namun sudah berisi file keystore dan passwordnya, lihat Gambar 6

Gambar 6

Selanjutnya klik Button Next. Maka akan dibawa ke popup dialog seperti Gambar 7 berikut ini

Gambar 7

Biarkan Build Type yang dipilih adalah release. Selanjutnya klik button Finish, maka sistem akan menggenerate project kalian untuk dijadikan APK versi release.

Baca juga : Perbedaan Abstract dan Interface Secara Sederhana

Jika sudah berhasil, maka akan muncul notif di pojok kanan atas android studio, seperti Gambar 8 dibawah ini

Gambar 8

Bagaimana melihat file APK versi release yang sudah di generate?

Kalian bisa klik tulisan Show in explorer pada popup Gambar 8, maka kalian akan langsung dibawa ke folder tempat APK release disimpan.

Kali juga bisa langsung mencarinya manual di path C:\Users\<username>\AndroidStudioProjects\MakerAndroid\app. Lihat Gambar 9 dibawah ini

Gambar 9

Nah itulah langkah-langkah membuat apk android studio versi debug dan versi release. Semoga bermanfaat untuk pembelajaran.

(Visited 101 times, 1 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini