Tutorial Cara Menggunakan Database SQLite Android

Tutorial kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan database sqlite android. Database SQLite android adalh penyimpanan (database local) yang ada pada mobile android. Jika di web biasnya kita menggunakan MySQL, maka di local mobile kita bisa menggunakan SQLite.

Tidak ada library khusus yang perlu kalian tambahkan, cukup dengan library yang bawaan dari android studio nya (library default saat membuat project baru)

Pada tutorial kali ini saya akan mendemokan proses Create, Read, Update dan Delete data (CRUD operation) menggunakan SQLite android. Saya asumsikan kalian sudah membuat projectnya, tinggal mengimplementasikan proses CRUD nya saja. Jika memang belum bisa membuat project, silakan ikuti langkah-langkah pada postingan Cara membuat project di Android Studio.

Selanjutnya, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Buat File XML

Ada beberap file XML yang harus dibuat pada tutorial Cara menggunakan SQLite Android ini, yaitu :

activity_main.xml

layout ini digunakan sebagai tamplan utama aplikasi yang berisi form insert data, button delete data dan button update data. Kode lengkapnya dibawah ini :

popup_delete.xml

Kode berikut digunakan untuk membuat custom dialog view saat button delete data di tekan. Kode lengkapnya seperti dbawah ini :

popup_update.xml

Kode berikut ini digunakan untuk membuat view yang akan ditampilkan saat button update di tekan. Kode lengkapnya seperti dibawah ini :

Setelah semua view dipersiapkan, proses selanjutnya ada mengimplementasikan semua proses di file Java. Silakan ikuti langkah-langkah selanjutnya

Baca juga : Cara Transfer/Menyimpan data menggunakan sharedPreference dan Intent Android

Mengimplementasikan File Java

Akan ada tiga file yang akan digunakn pada project ini yaitu Profile Model, DatabaseHandler dan MainActivity. Penjelasan lengkapnya ada dipoint-point dibawah ini :

ProfileModel.java

Class ini akan digunakan sebagai model dari data yang telah di input ke database sqlite android. Class ini akan kelihatan fungsinya pada saat melakuan insert, delete dan update data.

Perhatikan kode :

@Override
    public String toString() {
        return "ID = " + id + ", Name = " + name;
    }

Kode diatas dibuat agar si data object bisa ditampilkan dalam bentuk String. Kode ini akan berguna pada saat akan menampilkan data di spinner popup_delete dan spinner popup_update.

DatabaseHandler.java

Class ini mengandung beberapa method utama dalam proses insert, update, delete dan display data ke/dari database SQLite android.

Baca juga : Cara menggunakan database Sugar ORM pada Android

Silakan pahami method-method yang ada pada kodingan diatas, saya sudah berikan penjelasan disetiap method-method tersebut.

MainActivty.java

Class ini adalah class utama yang digunakn untuk mengimplementasikan semua method dan class lainnya yang berhubungan dengan proses CRUD Sqlite Android. Popup delete dan popup update juga akan di implementasikan pada class ini.

Jika sudah selesai, silakan running projectnya. Semoga berjalan dengan baik. Jika ada yang error atau lainnya sikana ditanyakan di kolom komentar.

Sekian tutorial tentang cara menggunakan sqlite android, semoga bermanfaat untuk pembelajaran.

Silakan download projectnya di :

(Visited 346 times, 3 visits today)



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini