Penjelasan Detail Inheritance Pada Java Serta Contoh Programmnya

Apa itu Inheritance? mungkin bagi yang sedang belajar pemrograman berorientasi object sudah pernah mendengar inheritance sebelumnya. Ada yang sudah mengerti dan ada juga yang masih pusing dan dirasa membingungkan.

Artikel kali ini saya tujukan kepada kalian yang sedang belajar pemrograman berorientasi object dan yang masih belum paham apa itu Inheritance.

Apa itu Inheritance?

Inheritance adalah proses pewarisan sifat/data dari super class ke sub class nya. Artinya apa yang dimiliki oleh super class bisa dimiliki oleh subclass nya.

Apa ciri-ciri dari class yang menggunakan konsep Inheritance?

Ciri dari sebuah class menggunakan konsep Inheritance adalah biasanya menggunakan extends ke super class nya. Misalnya :

Pada snippet program diatas, Class Pohon adalah Super Class. Sedangkan Class Pinus adalah Child Class nya. Apapun sifat/data/method yang dimiliki oleh Super class dimiliki juga oleh Child Class nya.

Apakah semua extends itu bisa dikatakan sudah menggunakan konsep Inheritance?

Pada dasarnya ya. Tapi kita harus dipahami konsep dari Inheritance itu sendiri, kenapa sih yang membuat Iava itu sampe membuat konsep Inherintace ? Pernah sampe kepikiran kesana gak?

Konsep Inheritance dibuat agar memudahkan programmer untuk mengakses method yang sama di berbagai class dengan cara meng-extends nya. Ada beberapa hal yang harus di pikirkan terlebih dahulu sebelum menggunakan konsep Inheritance, antara lain :

  1. Karakteristik program yang akan kita buat (berkaitan dengan orang kah, mobil kah atau suatu object yang memiliki banyak entiti didalamnya)
  2. Jika membuat sebuah class yang berisi fungsi/method tertentu, pikirkan dahulu apakah fungsi tersebut akan dipakai berulang atau tidak kedepannya
  3. Seberapa seringkah kita akan memanggil fungsi/class yang sama di class yang berbeda
  4. Seberapa pentingkah fungsi/method itu di class yang akan menggunakannya

Jika memang seperti 4 point diatas, maka wajar jika program kalian menggunakan konsep Inheritance didalamnya. Namun jika tidak, ya tidak menggunakan Inheritance juga tidak apa-apa

Yang paling penting adalah jangan sampe menggunakan konsep Inheritance tapi selama proses pembuatan program tidak pernah di implementasikan konsep Inheritance nya.

Contohnya begini, kalian membuat Super Class bernama Pohon, lalu membuat Subclass nya bernama Avaza, lalu Class Avanza extends Pohon{}. Yang benar saja!! Apa yang kita extends itu harusnya ada hubungannya dengan subclass nya.

Lalu seperti apa karakteristik yang bisa mengimplementasikan Inheritance?

Ada banyak contoh kasus yang bisa mengimplementasikan konsep Inheritance, berikut ini saya berikan contohnya :

 

##################################################

Karakteristik Rumah sakit

Super Class RumahSakit {}

Method : namaRumahSakit(), alamatRumahSakit().

Sub Class Pegawai extends RumahSakit {}

Method : namaPegawai(), umurPegawai().

###################################################

 

Mungkin ada yang bingung dan bertanya-tanya, Apa sih hubungannya class Pegawai dengan class RumahSakit?

Jadi gini, Rumah Sakit pastilah memiliki pegawai kan ya, baik itu dokter, front office, back office, satpam, bidan, perawat, tukang parkir dan lainnya.

Si pegawai ini pastilah memiliki identitas berdasar pada dimana Rumah Sakit dia bekerja. Pada contoh diatas, si pegawai pasti harus punya data di rumah sakit dia bekerja kan? Makanya si pegawai itu harus meng extends RumahSakit.

Contoh Program

Biar tidak bingung, mari kita buatkan kartu identitasnya berdasarkan karakterisitik diatas melalui program dibawah ini :

Class Rumah Sakit

Class Pegawai

Main Program

Lihat kode main tersebut diatas, method setNamaRumahSakit dan setAlamatRumahSakit itu dipanggil dari super class nya langsung. Karena method tersebut akan dipakai berulang-ulang, makanya di tulis di super class nya yaitu class Rumah Sakit.

Hasil dari program diatas adalah seperti gambar dibawah ini :

Oke itu adalah contoh bagaimana konsep Inheritance bekerja, jika ada yang kurang jelas silakan ditanyakan langsung.



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini