Kuasailah Lebih Dari Satu Bahasa Pemrograman! Kenapa?

Programming adalah salah satu kesenian yang ada dalam kehidupan, kenapa saya katakan demikian? Ya, karena dalam penerapannya (development process), kita harus memiliki daya naral, imajinasi dan logic yang bagus.  Ketiga hal tersebut sangat berguna ketika sedang mengalami kebuntuan (stack)  saat ngoding.

Tidak selamanya kendala seorang programmer itu tentang source code saja. Kadang kala programmer terkendala masalah CARA.  “Cara” yang dimaksud adalah bagaimana mencari sebuah logic yang benar agar program/feature yang dibuat sesuai dengan harapan dan efesien, atau mungkin juga agar lebih efektif di source code nya.

Untuk menemukan sebuah logic yang tepat/bagus, daya tangkap/naral seorang programmer haruslah bagus, dan kadang kala, programmer juga harus bisa berimajinasi berhubungan dengan program/feature yang sedang dibuat.

Kadang kala terlihat seperti orang bego planga plongo sendiri, ngomong sendiri, kalian pasti pernah (paling tidak) melihat teman programmer yang seperti itu kan? Tapi disitulah letak seninya, apalagi setelah ngomong-ngomong sendiri dan dapat ide, kemudian dituangkan ke dalam source code, ternyata programnya works, pasti senangnya bukan main.

“Kenapa bisa works?” (tanya otak kanan), “Saya juga tidak mengerti” (jawab otak kiri) hahaha . Mungkin itulah deskripsi singkat kenapa ilmu programming saya katakan sebuah seni.

Kembali ke topik utama! Kenapa saya membuat judul tentang keharusan menguasasi bahasa pemrograman lebih dari satu? Jawaban terhadap pernyataan ini akan dijawab oleh pengalaman pribadi saya yang akan saya ceritakan dalam artikel ini. maka silakan baca dengan seksama ya.

Bagaimana cara mempelajari lebih dari satu bahasa pemrograman?

Berdasarkan pengalaman saya belajar programming, ada dua hal yang perlu di lakukan agar memudahkan mempelajari bahasa pemrograman lain dikemudian hari, yaitu :

Mengerti OOP/PBO (Pemrograman Berorientasi Objek)

Hampir sebagaian besar bahasa pemrograman populer + baru sudah menggunakan konsep OOP/PBO. Sederhananya konsep OOP/PBO akan membantu mempermudah management kode dan efesiensi kode (Silakan googling dan pelajari tentang konsep OOP)

Sebagai salah satu referensi tentang apa itu OOP dan bagaimana contoh sederhananya, silakan baca artikel saya tentang mengenal istilah Encapsulation and Polymorphism pada OOP Java dan Penjelasan detail Inheritance serta contoh programmnya pada Java.

Disana saya menulis tentang contoh-contoh dasar dalam OOP, jika kurang puas dengan penjelasa dalam artikel tersebut silakan cari referensi lain di google, ada banyak.

Kuasai minimal satu bahasa pemrograman dengan baik

Sebelum terjun langsung untuk mempelajari bahasa pemrograman baru, pastikan kalian sudah bisa satu bahasa pemrograman dengan baik! Ini penting sebagai dasar.

Mungkin bisa dibilang jadilah expertise (meskipun gak expert-expert banget ya). Apa tujuannya? Begini, seperti yang saya bilang diatas, programming adalah sebuah seni berfikir, imajinasi dan logic. Jika kalian sudah menguasai satu bahasa pemrograman dengan baik dan bisa mengatasi segala macam case dengan 1 bahasa pemrograman andalan kalian, saya yakin kalian pasti sudah menerapkan seni berfikir, nalar, imajinasi dan logic untuk memecahkan suatu masalah.

Baca juga : Langkah yang harus dilakukan untuk menjadi programer android yang bagus.

Pada fase ini biasanya ditandai dengan tidak memusingkan tentang bagaimana kode nya, tetapi bagaimana caranya.  Jika sudah tau caranya, meskipun kodenya rada-rada lupa dibeberapa bagian, cukup cari di google potongan kodenya, setelah ketemu, kalian sudah tau dimana kode tersebut harus di aplikasikan.

Kalo dari pengalaman saya sih begitu, mungkin dari teman-teman lainnya berbeda. Ya anggap sebagai sebuah referensi baru, karena tujuan kita sama-sama membangun.

Ada satu ciri yang sering saya temui dalam dunia kerja, jika orang sudah ada dalam fase ini yaitu berbicara “Aduh, gimana ya caranya?” bukan lagi “Gimana kodingannya ya?”.  Jika tidak pernah mengerjakan feature/program yang dibicaraan, paling programmer tersebut bilang, “Saya, belum pernah buat featurenya, saya riset terlebih dahulu“. Jika feature yang dimaksud masih umum di kalangan perkodingan, pasti bisa dikerjakan.

Fase ini sudah saya alami, pada awal meniti karir sebagai programmer, sebelum saya masuk ketahap ini, bahasa yang saya pelajari adalah Java, tepatnya Java untuk membuat program Android.

Saya bangun diri saya untuk terus belajar membuat aplikasi android, sampai saya sudah diterima bekerjapun, saya tetap mempelajari pemrograman android menggunakan Java (Kira-kira 1 tahun), sebelum akhirnya saya belajar bahasa pemrograman PHP + MySQL (tentang-tentang database lah)

Sudah dalam fase ini? Berarti kalian sudah siap belajar bahasa pemrograman baru. Semoga sukses!

Alasan kenapa mempelajari lebih dari satu bahasa pemrograman

Kembali berdasarkan pengalaman yang saya temui, 2 alasan kenapa saya mempelajari bahasa pemrograman lain selain bahasa pemrograman Java Android, yaitu :

Pemrograman tidak bisa berdiri sendiri

Saya pernah di beritahu saya dosen saya yang bernama Jasman Pardede tentang hal ini. Dulu sewaktu ikut mata kuliah bliau, dan ada tugas membuat webservice. Dalam tugas itu diharuskan terkoneksi ke database MySQL, sedangkan saya tidak bisa cara untuk mengkoneksikan program tersebut ke database, saya hanya bisa membuat program tampilan webnya dengan CSS dan HTML (itupun basic banget).

Disitulah dosen saya mengatakan, “Pemrograman itu tidak bisa berdiri sendiri, ada kalanya kita harus menggunakan bahasa programan lain untuk mendukung program yang kita buat“. Saya dulu tidak mengerti maksudnya dari kalimat tersebut, saya baru mengerti ketika sudah masuk kedunia kerja dan ingin membuat sebuah aplikasi.

Kira-kira aplikasi yang ingin saya buat waktu itu adalah :

  1. Data ditampilkan di android
  2. Create, update, read dan delete (CRUD) terjadi di dashboard web (di olah dari web dengan form-form tertentu) kemudian disimpan ke database MySQL
  3. Dari database, data yang di input harus bisa akses dari mobile (menampilkan data)

Untuk mencapai keinginan tersebut, mau tidak mau saya harus mempelajari lebih dari satu bahasa pemrograman, yaitu :

  1. Java android (Sudah dikuasai)
  2. CSS, HTML, Javascript (Untuk menunjang pembuatan form, tampilan web dan tabel untuk menampilkan data dan ada action CRUD)
  3. PHP (untuk mengirim data dari form web ke database dan mengirim data ke mobile android dalam bentuk JSON)

Disinilah awal mula saya belajar bahasa- bahasa tersebut. lumayan besar effort nya, tapi lebih besar ke penghafalan kode, karena logic lebih cepat mengertinya (mungkin berkat sudah ada pengalaman di pemrograman android)

Teknologi selalu berkembang

Point ini sangat penting! Perlu di ingat bahwa teknologi saat ini sudah semakin maju dan berkembang, baik itu dari sisi pemrograman atau toolsnya.

Saya ambil dari sisi programming. Ada berapa banyak bahasa pemrograman baru yang muncul? baik itu dari web, desktop ataupun mobile? Setiap bahasa pemrograman baru tersebut pasti memiliki feature atau hal yang lebih powerfull dibandungkan bahasa pemrograman lama.

Baca juga : Etika cara bertanya di forum pemrograman

Berdasarkan hal ini saya mempelajari bahasa pemrograman baru untuk Android yaitu Kotlin. Kotlin adalah bahasa official android dan sudah direkomendasikan oleh Google. Sampai saat ini sudah sudah bisa menggunakan Kotlin untuk membuat aplikasi android dan sudah menerapkannya dalam dunia kerja.

Mungkin dari teman-teman yang indentitasinya/yang ingin focus sebagai programmer web atau programmer desktop, silakan di ikutin perkembangan di bidang tersebut, sehingga bisa lebih memaksimalkan feature yang ingin dikembangkan menggunakan teknolog-teknologi baru.

Oke itulah beberapa hal yang dapat saya share ke teman-teman sekalian, jika ada yang tidak sesuai cukup di ambil sebagai masukan yang membangun saja.  Jika ada yang memiliki pengalaman lainnya, bisa comment agar lebih banyak referensi yang bisa kita dapatkan.

Semoga bermanfaat.



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini