Cara Jitu Menemukan Bahasa Pemrograman Yang Cocok untuk Dipelajari

Di dunia coding terdapat banyak bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi. Pada umumnya ada tiga jenis aplikasi yang sering di omongkan, yaitu :

  • Aplikasi Web
  • Aplikasi Desktop, dan
  • Aplikasi Mobile

Dari tiga jenis aplikasi tersebut, ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan. Contoh bahasa pemrograman yang paling sering digunakan yaitu, PHP, ASP.net, Java, Scala, Python, Javascript, C#, Delphi, C, C++, Kotlin, swift dan lainnya.

Bagi kalian yang baru belajar programming pasti kebingungan, mana bahasa yang paling bagus untuk dipelajari, bahasa mana yg mudah di pelajari, bahasa mana yang paling menjanjikan kedepannya.

Baca juga : Beberapa kesalahan utama dalam belajar bahasa pemrograman.

Untuk memudahkan kalian dalam memilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dan menemukan kecocokan di bahasa pemrograman tersebut, berikut ini saya jabarkan caranya dengan simple.

Cara yang akan saya jabarkan berikut ini berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam mempelajari programming sehingga menemukan kecocokan di pemrograman Android.

Tentukan Jenis Aplikasi

Sebelum masuk ke bahasa pemrograman yang akan di ambil, pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan jenis aplikasi yang akan kalian focuskan, apakah itu aplikasi desktop, web atau mobile.

Kenapa harus menentukan jenis aplikasi terlebih dahulu? Begini, karena terlalu banyak ada bahasa pemrogramam, jika kalian tidak memfocuskan ini, semuanya akan menjadi bias, tidak ada target yang akan dicapai.

Misalnya begini, saya mau focus di aplikasi web, tujuan saya adalah ingin membuat aplikasi yang bisa login dan register di web. Setelah itu barulah saya mencari tau bahasa apa saja yang bisa digunakan untuk membuat web.

Dengan bagitu prosesnya lebih terarah dan lebih cepat menemukan bahasa yang cocok di pelajari sesuai dengan target yang di tentukan.

Tentukan Bahasa Pemrograman Sesuai Dengan Jenis Aplikasi

Proses selanjutnya adalah mencari bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat jenis aplikasi yang sudah di tentukan.

Mulailah dengan hal-hal berikut ini :

  • Kumpulkan semua jenis bahasa pemrograman
  • Riset kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman tersebut. Kalian bisa searching di google atau kalo kurang puas bisa langsung bertanya diforum forum pemrograman.
  • Riset propek kedepanya apakah bahasa pemrograman tersebut menjanjikan atau tidak kedepannya ( jika suatu saat ingin menjadi expertise di bahasa pemrograman tersebut )

Baca juga : Harap diperhatikan! Beberapa Etika yang baik saat bertanya di forum pemrograman.

Sebelum saya menerapkan cara tersebut, saya sering loncat loncar bahasa pemrograman, bahkan sering loncat ke jenis aplikasi yang berbeda, dan itu sangat melelahkan, wasting time banget lah. Jadi gak ada ilmu yang benar-benar saya pelajari, cuma sekedar coba-coba saja jadinya.

Kalian boleh ikuti saran saya jika dirasa cocok, jika kalian memiliki metode lain-pun tidak masalah toh tujuannya untuk lebih memfocuskan diri ke bahasa pemrograman yang ingin di pelajari.

Trial And Error

Mungkin ini yang paling penting dari semua metode balajar pemrograman yaitu trial and error. Trial and Error maksudnya disini adalah ketekukan mempelajari bahasa pemrograman terus menerus dan tetap excited meskipun banyak mengalami kendala error diberbagai case saat proses ngoding. Ditahap inilah banyak orang yang sedang belajar programming gugur satu persatu karena seleksi alam.

Ya, dalam belajar programming pastilah akan menemui yang namanya error, entah itu error karena logic code nya salah atau karena error lainnya. Banyak yang menyerah karena bosen, jenuh dan emosi karena selalu menemui error dan tidak mampu menyelesaikannya, disinilah proses seleksi alam itu berlangsung.

Bukan cuma yang sedang belajar saja yang menemui error, programmer yang sudah lama ngoding juga pasti menemui error, itu sudah lumrah dalam dunia coding, ya tinggal mampu atau tidak bertahan, tekun atau tidak dalam problem solving nya.

Tambahan : Ganti Bahasa Pemrograman

Jika dirasa bahasa pemrograman yang sudah dipilih itu terlalu susah atau ribet atau tidak free atau alasan lainnya yang masuk akal, maka silakan pilih bahasa pemrograman lainnya yang masih bisa digunakan untuk membuat jenis aplikasi yang telah di pilih.

Jika kalian sudah focus memilih jenis aplikasi, maka ketika situasi ini terjadi, sudut pandang kalian sudah mengerucut ke bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat jenis aplikasi yang sama. lebih hemat waktu kan rasanya.

Baca juga : Belajar bahasa pemrograman java, bagusnya mulai dari mana ya?

Jika kalian ingin mengganti jenis aplikasi, ya harus mengulang kembali langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas.

Mungkin itu ringkasan singkat bahaimana cara menemukan bahasa pemrograman yang cocok yang saya jabarkan berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat.



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini