Saya Tipe Programmer Kurang Update! Bagaimana Denganmu?

Menjadi seorang programmer sudah barang tentu harus menguasai salah satu /lebih bahasa pemrograman. Bukan cuma bahasa pemrograman yang harus dikuasai, logic dan pola pikir yang bagus juga sangat diperlukan dalam keseharian (kerja) seorang programmer.

Kalimat diatas adalah jabaran / syarat umum seorang programmer yang sering kita dengar atau baca (bagi yang sedang berangan-angan jadi seorang programmer), namun bagi yang sudah melakoni kegiatan sebagai seorang programmer dalam kurun waktu 1-2 tahun ada syarat lain yang harus di miliki orang seorang programmer, yaitu selalu update teknologi terbaru + mampu mengimplementasikannya.

Apa yang harus dimonitoring? Kok harus selalu update?

Jadi begini, seorang programmer itu harus tau pekembangan – perkembangan teknologi yang berhubungan dengan pekerjaannya. Misalnya saya ambil case di pemrograman android, Seorang programmer android harus tau ada informasi terbaru apa tentang komponen, library di android.

Tujuan dari mengetahui hal-hal terbaru (teknologi terbaru) tersebut adalah agar dapat mempermudah si programmer dalam membuat program dan juga membantu meng-efesien-sikan bari kode yang ditulis.

Itu saja?

Tidak juga! masih ada banyak keuntungan dari teknologi-teknologi yang terbaru. Jika seorang programmer acuh terhadap teknologi terbaru, maka bisa tertinggal kedepannya (orang sudah pake traktor, kita masih menggunakan cangkul).

Apa resiko jika tidak mengikuti perkembangan teknologi?

Tidak ada resiko yang (mungkin) fatal, namun seperti yang saya katakan diatas, programmer tersebut akan tertinggal dalam hal produktifitas kerja/ngoding, seperti ibarat orang membajak sawah, orang sudah menggunakan teknologi traktor, kita masih dengan cara tradisional (cangkul), ya pasti kalah cepat dari yang lainnya.

Contoh lain : Jika tanpa teknologi terbaru, untuk membuat sebuah fungsi/service tertentu, programmer harus menulis puluhan baras, maka dengan teknologi terbaru memungkinkan dengan beberapa baris kode saja.

Sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja, bukan? Disamping itu efek dari teknologi terbaru juga terasa pada peforma aplikasi, yang pasti dengan menggunakan teknologi terbaru akan lebih cepat dan ringan saat load data-data besar/complex.

Tipe programmer seperti apakah Anda?

Saya adalah tipe programmer yang kurang update terhadap teknologi terbaru. Lho kok begitu? Iya, saya kurang paham hanya dengan membaca dokumentasi saja (hanya melihat potongan-potongan kode saja), ditambah dengan bahasa inggris yang aneh-aneh, agak lambat dalam memahami, jadi keburu males hahaha (jangan ditiru!)

Tapi jika ada mentor atau tempat yang menjelaskan secara lisan, saya langsung paham dan mempraktekannya juga lebih cepat dan lebih puas mengertinya.

Hal lain yang membuat saya cepat mengerti juga adalah, ada sebuah project yang menggunakan teknologi terbaru, nah saya belajarnya dengan cara membaca bagaimana implementasinya di project tersebut (metode ini yang lebih sering saya gunakan).

Itulah sedikit ulasan mengenai syarat lain seorang programmer, semoga bermanfaat untuk pembelajaran.



Baca juga :


About The Author

Related Posts

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berlangganan Artikel

Untuk mendaftarkan tutorial pemrograman terbaru dari putuguna[dot]com, silakan tuliskan email kalian dibawah ini